View Larger Map,center/>

Selasa, 04 Agustus 2009

64 Tahun Indonesiaku

Tanpa terasa Bangsa Indonesia berusia 64 tahun. Diusianya yang sudah tidak muda lagi seharusnya lebih bijaksana dalam menyelesaikan setiap masalah kenegaraan dengan menjunjung tema Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2009.

Yaitu "DENGAN SEMANGAT PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945, KITA TINGKATKAN KEDEWASAAN KEHIDUPAN BERPOLITIK DAN BERDEMOKRASI SERTA PERCEPATAN PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL MENUJU INDONESIA YANG BERSATU, AMAN, ADIL, DEMOKRATIS DAN SEJAHTERA"

Lantas kedewasaan yang bagaimana yang harus diterapkan ? Tentunya kedewasaan yang bercermin pada pahlawan-pahlawan bangsa. Berikut pesan-pesan pahlawan yang bisa menjadi tauladan bagi generasi bangsa untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan:
Nyi Ageng Serang
" Untuk keamanan dan kesauntasaan jiwa kita harus mendekatkan diri kepada Tuhan YME. Orang yang mendekatkan tidak akan terperosok hidupnya dan tidak akan takut menghadapi cobaan hidup, karena Tuhan akan selalu menuntun dan melimpahkan anugerahNya yang tiada ternilai harganya"
(disampaikan saat mendengarkan keluhan rakyat atas penjajahan)
Jenderal Sudirman
"Tempat saya yang terbaik adalah di tengah-tengah anak buah saya. Saya akan meneruskan perjuangan ini. Met of Zender TNI akan berjuang terus untuk negeri ini".
(disampaikan pada jam-jam terakhir jatuhnya Jogya Jenderal dalam keadaan sakit ketika menjawab pertanyaan Presiden yang menasehatinya tetap tinggal di kota dirawat sakitnya...)
Prof.Dr.R.Soeharso
"Rigt or wrong my country. Lebih-lebih kalau kita tahu negara kita bobrok, maka justru saat itulah kita wajib memperbaikinya"
Prof.Moh Yamin. SH
" Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi memang benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa Indnesia sendiri"
Supriyadi
"Kita yang berjuang jangan sekali-kali mengharapkan pangkat, kedudukan ataupun gaji yang tinggi"
Abdul Muis
"jika orang lain bisa, sayapun bisa, mengapa pemuda kita tidak bisa, jika memang mau berjuang"
Pangeran Sambernyowo / KGPAA Mangkunegoro
"Rumongso Melu Andarbeni (merasa ikut memiliki)"
"Wajib Melu Hangrungkebi (wajib ikut mempertahankan)"
"Mulut Sario Hangroso Wani ( mawas diri / berani bertanggungjawab)"
Bung Karno
"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya"
(pidato hari pahlawan 10 Nopember 1961)

Nah pesan-pesan pahlawan itulah yang harus terus kita kobarkan pada saat ini. MERDEKA !
Catatan: pesan pahlawan ini kami kutip dari buku panduan peringatan Hut KRI ke 64 tahun 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar