View Larger Map,center/>

Minggu, 28 Juni 2009

Evaluasi dan Muhasabah

Baru saja siswa-siswi sekolah menerima hasil kelulusan. Hasil kelulusan tersebut merupakan hasil belajar selama 3 tahun untuk tingkat smp/ sma sedangkan untuk jenjang sd / mi hasil kelulusan tersebut merupakan hasil belajar selama 6 tahun. Banyak siswa yang bersukur karena memang hasil ujian nasionalnya sesuai dengan harapan dirinya, orangtua, dan sekolah bahkan ada yang mendapatkan nilai sempurna yaitu 10. Namun ternyata banyak juga yang merasa kecewa karena memang hasil Unas dibawah standart 5,50 sehingga harus mengikuti ujian paket c bagi sma dan ujian paket b untuk smp serta ujian paket a bagi sd/mi. Selain itu siswa-siswi yang belum mengikuti Unas maka menerima Raport yang merupakan hasil belajar selama satu tahun yang nantinya akan menentukan dirinya naik kelas atau tetap manjadi anak kesayangan guru dan terpaksa tinggal kelas.

Apapun hasil yang diterima, mulailah untuk melihat kebelakang sejenak terhadap apa yang sudah kita upayakan dan itulah cerminan dari diri kita selama 6 tahun,3 tahun atau satu tahun.Siswa yang menerima rapot jelek bisa dikarenakan siswa kurang belajar dan mengabaikan setiap pelajaran yang disuguhkan oleh guru. Sementara siswa yang raportnya baik disebabkan karena belajar yang sungguh-sungguh. Mulailah untuk mengevaluasi terhadap apa yang sudah kita kerjakan. Evaluasi hasil belajar siswa bermakna bagi semua komponen dalam proses pengajaran.
a.Manfaat Bagi Siswa
Hasil evaluasi memberikan informasi tentang sejauh mana ia telah menguasai bahan pelajaran yang disajikan guru. Dengan informasi ini siswa dapat mengambil langkah-langkah yang sesuai. Jika hasil tidak memuaskan harus lebih giat lagi belajar dan mencari upaya untuk menutup kekurangannya. Sementara jika hasilnya memuaskan,, siswa terdoronguntuk mengulangi atau bahkan memperbaiki hasilnya supaya dapat memperoleh hasil yang serupa atau lebih baik lagi.
b.Manfaat Bagi Guru
Hasil evaluasi memberikan petunjuk bagi guru mengenai keadaan siswa, materi pengajaran, dan metode pengajarnya.
c.Manfaat Bagi Pembimbing
Upaya bimbingan lebih terarah tujuannya apabila ditunjang informasi yang akurat tentang keadaan siswa,baik dari segi intelektualnya maupun dari segi emosionalnya.
d.Manfaat Bagi Sekolah
Kondisi belajar yang diciptakan sekolah diperoleh melalui evaluasi. Hasil evaluasi dipakai sekolah utuk mengintrospeksi diri sejauh mana sekolah membantu terselenggaranya pengajaran dengan baik, dengan mengevaluasi kondisi yang berhubungan dengan siswa, guru, orang tua dan sebagainya.
e.Manfaat Bagi Orang tua
Berupaya meningkatkan kemajuan anaknya. (Dra.Hj.Nur Uhbiyati:1996:136)

Dengan evaluasi akhirnya pihak-pihak terkait bisa menarik kesimpulan apa yang telah terjadi, mana yang salah, mana yang benar, sehingga bisa menentukan langkah selanjutnya akan lebih baik.

Masih berbicara tentang Evaluasi. Tanpa terasa saat ini kita sudah memasuki bulan Rajab yang mana satu bulan lagi memasuki bulan Ramadlon bulan yang penuh pengampunan dan penuh kasih sayang, Sebelum benar-benar kita memasuki bulan yang senantiasa dirindukan oleh kaum muslimin terutama muslimin trenggalek ini, senantiasa kita melakukan evaluasi diri atau muhasabah selama satu tahun yang lalu.....Kesalahan yang telah kita lakukan baik sengaja maupun tak sengaja mudah-mudahan diampuni oleh Allah dengan taubatan nasuha.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar