View Larger Map,center/>

Senin, 01 Juni 2009

Rokok dan Bahayanya

Sebelum mengurai bahaya rokok bagi kesehatan, terlebih dahulu membahas pengertiannya dan sejarahnya. rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (tergantung negara) dengan diameter 10 mm yang berisi cacahan daun-daun tembakau. Rokok dibakar salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung yang lain. Merokok pertama kali dilakukan oleh suku bangsa Indian di Amerika untuk keperluan ritual, seperti memuja roh dan dewa. Pada abad ke 16, ketika bangsa Eropa menemukan benua Amerika, sebagian dari penjelajah itu ikut mencoba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau ke Eropa. Kemudian kebiasaan itu muncul dikalangan bangsawan Eropa. Tetapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual. Di Eropa orang merokok hanya untuk kesenangan semata. Barulah pada abad ke 17 para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk di negara-negara Islam termasuk ke Indonesia.
kemarin ( tanggal 31 mei 2009 ) merupakan hari anti tembakau sedunia, setiap orang yang telah sadar dengan bahaya rokok bagi kesehatan memulai untuk tidak merokok lagi, namun karena memang candu rokok sulit dihilangkan niatan berhenti merokok tidak terwujud. Mungkin perlu dibeberkan kembali tentang bahaya rokok agar niatan tersebut menjadi kenyataan sehingga terwujudlah impian anda mmpunyai tubuh yang sehat tanpa racun.

Racun yang terdapat pada rokok
Rokok mengandung 4000 elemen. dan setidaknya ada 200 elemen diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan,racun utama yaitu :
1.Tar adalah subtansi hidro karbon yang bersifat lengket dan menempel paru-paru
2.Nikotin adalah zat aditif yang mempengaruhi saraf dan peredahan darah. Nikotin ini memicu kanker paru-paru yang mematikan
3.karbon monoksida ( CO ) adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah membuat darah tidak mampu mengikat oksigen
( O2 )

Efek racun rokok bagi penghisap rokok bila dibandingkan dengan orang yang tidak merokok
14 X menderita kanker paru-paru, mulut, tenggorokan
4 X menderita kanker esophagus
2 X menderita kanker kandung kemih
2 X menderita serangan jantung

Berarti sangat kompleks penyakit yang ditimbulkan oleh rokok, Seandainya tubuh kita bisa berbicara pasti dia akan berteriak " BODOH " terutama bagi penghisap rokok. Kenapa bodoh ?
1.Mencoba merokok bakal kecanduan sehingga sulit dilepaskan
2.Perokok biasanya merelakan tidak makan daripada tidak merokok
3.Harga rokok mahal memberatkan orang yang tergolong miskin
4.Merokok meyebabkan munculnya penyakit yang cukup kompleks berujung pada kematian
Jadi bagaiman dengan niatan anda untuk BERHENTI MEROKOK ?

( dari bebagai sumber )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar