View Larger Map,center/>

Senin, 01 Juni 2009

Rokok Menyebabkan Kebakaran

Masih bercerita tentang rokok dan bahayanya, Ada satu cerita nyata yang kebetulan terjadi pada pasangan suami istri mbah Simin dan mbah Kaminah. Keduanya berumur sekitar 60 tahun lebih. Mbah Simin adalah perokok berat sejak usia muda, di usianya yang lanjut mbah simin sering keluar masuk rumah sakit karena terkena penyakit paru-paru, jantung, dan batuk-batuk. karena merasa kasihan mbah kaminah sebagai seorang istri yang begitu setia menyarankan mbah Simin untuk berhenti merokok agar penyakitnya tidak sering kambuh.
Mbah Kaminah : mbah.....berhenti saja ngrokoknya biar sehat !
Mbah Simin : lha...kenapa....wong rokok ini kesenanganku, sudah bertahun-tahun aku bergelut dengan rokok dan penyakitku ini bukan karena rokok, tapi penyakit tua.( Mbah simin menjawab dengan nada mangkel disertai batu-batuk )
Mbah Kaminah : Tuh iya to dibilangi kok tetep aja ngotot....buktinya batuknya kambuh lagi..
Mbah Simin : Alah...wis to diam aja....nggak usah ikut campur, kamu aja yang gak tau rasanya rokok....
Berbulan-bulan mbah Simin tetap bertahan hidup meskipun sering mengeluh dengan penyakit jantungnya, paru-parunya dan batuk-batuk. Tak taulah berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk berobat tetapi hasilnya nihil. Suatu ketika Mbah Simin bersantai diteras sambil menghisap cerutu kesayangannya. Karena tidak ada yang diajak ngobrol, mbah simin merasakan kantuk yang begitu hebat. Akhirnya ia memutuskan beristirahat dikamar sambil terus menghisap asap-asap jahanam itu. Mbah kaminah yang dari tadi sibuk di dapur terkejut dengan hadirnya asap dari dalam rumah, sambil tergopoh-gopoh ia mencari sumber munculnya asap tadi...setelah diselidiki ternyata asap tadi muncul dari sebuah kamar. Betapa terkejutnya Mbah Kaminah melihat kasurnya tinggal separo karena terbakar, sementara Mbah Simin masih terbuai dengan mimpi-mimpinya di alam bawah sadar.
Mbah Kaminah : Mbah...bangun....bangun.....kasurnya kebakar mbahh.....iki mau piye to.....koq koyo mangkene....( mbah kaminah terlihat katakutan )
Mbah Simin : Lho...ada apa ini ..koq buanyak asapnya.....
Mbah Kminah : Wis tidak usah banyak bicara..ambil sana air biar apinya gak kemana-mana......
Setelah kerja keras seperempat jam bara api itu bisa dijinakkan oleh keduanya, dengan rasa sedih dan menyesal mbah simin menceritakan asal mula kejadian ini, ia mengaku bahwa api itu berasal dari rokoknya yang jatuh dikasur karena ia ketiduran....Setelah kejadian ini Mbah simin berhenti merokok dan lambat laun penyakitnya tidak pernah kambuh. Nah itulah cerita singkat dari mbah siman , mungkin seperti apa yang kita hadapi sekarang ini sebelum ada musibah kita jarang menyadarinya, baru setelah ada musibah kita baru sadar bahwa apa yang kita lakukan berakibat buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar